Bachelor of Engineering (Kimia)

Universiti Teknologi Malaysia

Deskripsi Program

Baca Keterangan Resminya

Bachelor of Engineering (Kimia)

Universiti Teknologi Malaysia

Teknik kimia adalah bidang yang berkembang luas di seluruh dunia. Keahlian sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan untuk melaksanakan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh para insinyur mekanik dan ahli kimia. Bidang ini telah matang dan saat ini mencakup banyak aspek rekayasa seperti desain sistem dan pengolahan produk pertanian, minyak bumi dan petrokimia, polimer, farmasi, biofuel, biokimia dan banyak lagi. Dalam keadaan dunia saat ini, di mana sumber daya terbatas dan pembangunan berkelanjutan merupakan tantangan utama, persyaratan untuk keahlian dalam teknik kimia bahkan lebih penting.

Selain bidang mendasar seperti ilmu pengetahuan dan matematika, humaniora dan ilmu sosial dan teknik dasar, ada empat bidang utama dalam program Sarjana Teknik Kimia, ini adalah teknologi pemisahan, rekayasa reaksi, rekayasa lingkungan dan rekayasa sistem proses.

Dalam teknologi pemisahan, siswa terkena proses dan peralatan operasi unit dalam teknik kimia. Untuk memahami proses pemisahan. pemahaman yang kuat pada fenomena transportasi, yang meliputi transfer momentum, perpindahan massa dan panas, diperlukan. Teori perpindahan massa dan panas sangat penting dalam merancang atau memilih penukar panas yang sesuai untuk digunakan di pabrik kimia. Sementara itu, subjek operasi unit mencakup teori dan desain peralatan utama dalam pemisahan sistem cair-cair, gas-cair, padat-cair dan padat-gas. Di antara peralatan adalah distilasi, penguapan, pengeringan, penyerapan, pencucian dan teknik pemisahan lainnya seperti teknologi membran dan filtrasi. Pengetahuan dalam teori pemisahan dan operasi unit diperlukan dalam merancang tanaman yang optimal dan aman.

Teknik kimia juga berfokus pada aspek termodinamika dan reaksi kimia selain dari merancang sistem reaksi. Di antara topik yang dibahas adalah reaksi-kinetika dalam reaktor, jenis reaktor dan desain reaktor. Para siswa akan belajar teknik kimia termodinamika aspek, yang menjelaskan karakteristik cairan murni, efek termal, karakteristik termodinamika cairan, termodinamika homogen, kesetimbangan fase dan kesetimbangan reaksi kimia. Karena itu, pengetahuan akan digunakan dalam mempelajari reaksi kimia dari proses. Aspek penting lain dari teknik kimia adalah keamanan lingkungan. Subjek teknik lingkungan mencakup jenis polusi udara dan air, dan juga metode analitik untuk pengukuran polusi, pengolahan limbah dan pengelolaan limbah. Aspek keselamatan pekerja juga akan diperkenalkan.

Dalam rekayasa sistem proses, keseimbangan massa dan energi adalah subjek mendasar. Dalam hal ini, siswa akan diperkenalkan pada proses dalam teknik kimia serta metode perhitungan untuk keseimbangan massa dan energi untuk proses yang berbeda. Ini termasuk proses yang memiliki reaksi kimia dan juga proses dengan transformasi fisik saja. Keterampilan dalam menghitung keseimbangan massa dan energi sangat penting dalam banyak mata pelajaran teknik kimia lainnya.

Inti dari kursus teknik kimia adalah desain dan sintesis tanaman, yang meliputi pemilihan proses, membangun lembaran aliran, keseimbangan massa dan energi, desain rinci, pemilihan peralatan dan bahan baku, pengendalian proses, instruksi operasional, biaya dan ekonomi dan juga aspek lingkungan dan keselamatan di sebuah pabrik.

Siswa juga diminta untuk menyelesaikan proyek desain pabrik pengolahan dalam kelompok. Di sini, semua teknik belajar di tahun-tahun sebelumnya akan diintegrasikan dalam mengusulkan desain untuk pabrik yang ditugaskan.

Terlepas dari teori-teori teknik kimia, siswa juga terkena aspek praktis lapangan. Setiap area yang disebutkan sebelumnya memiliki sesi praktis atau laboratorium sendiri.

Para siswa juga diharuskan menyiapkan laporan proyek untuk melatih mereka untuk mengintegrasikan pengetahuan teknis dengan komunikasi dan manajemen dalam melaksanakan tugas. Untuk latihan kelompok, para siswa diminta untuk melengkapi desain pabrik seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, siswa juga akan melaksanakan proyek penelitian tingkat sarjana, di mana mereka secara individu akan bekerja di bawah pengawasan seorang dosen. Pada akhir karya desain dan penelitian, siswa diminta untuk menyiapkan tesis dan memberikan presentasi lisan, yang akan dievaluasi oleh penguji internal dan eksternal.

Kurikulum UTM menuntut siswa untuk menjalani pelatihan industri selama 10-12 minggu selama liburan semester setelah tahun ketiga pendidikan. Laporan tertulis tentang pekerjaan yang dilakukan dan pengalaman selama pelatihan harus dipresentasikan pada akhir periode pelatihan.

Sekolah ini menawarkan program di:
  • Inggris


Terakhir diperbarui June 1, 2018
Durasi & Harga
Kursus ini Berbasis Kampus
Start Date
Tanggal mulai
Jan. 2019
Duration
Durasi
4 tahun
Penuh waktu
Information
Deadline
Locations
Malaysia - Skudai, Johor
Tanggal mulai : Jan. 2019
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
Tanggal selesai Hubungi sekolah
Dates
Jan. 2019
Malaysia - Skudai, Johor
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
Tanggal selesai Hubungi sekolah
Video

UTM Corporate Video

Life at UTM