Bachelor of Theology and Religious Studies (Leuven)

KU Leuven: Faculty of Theology and Religious Studies

Deskripsi Program

Baca Keterangan Resminya

Bachelor of Theology and Religious Studies (Leuven)

KU Leuven: Faculty of Theology and Religious Studies

Tertarik dalam mempelajari teologi dan agama? Di Leuven, kami menawarkan Sarjana Teologi dan Studi Keagamaan yang terkenal secara internasional. Dalam program tiga tahun (penuh atau paruh waktu) siswa dimulai di semua bidang yang bersama-sama merupakan teologi Kristen; di samping itu, perhatian khusus diberikan pada kontribusi studi keagamaan, bahasa klasik dan modern, dan filsafat. Dalam beberapa kasus, siswa dapat diberikan kedudukan yang lebih tinggi dan dengan demikian diterima di Sarjana Sarjana Teologi dan Studi Keagamaan (antara 45 hingga 120 ECTS).

Apa yang dimaksud dengan Sarjana Teologi dan Studi Keagamaan?

Sarjana Teologi dan Studi Keagamaan (juga tersedia paruh waktu) akan:

  • memperdalam pemahaman Anda saat ini tentang tradisi Kristen dan sejarah Gereja;
  • meningkatkan pengetahuan Anda tentang bahasa dan filsafat yang modern dan alkitabiah serta ilmu-ilmu manusia lainnya;
  • membantu Anda memeriksa kembali asumsi Anda dan secara mendalam memperdalam, memperluas dan mematangkan iman Anda dalam percakapan dengan budaya kontemporer;
  • bersiaplah untuk studi yang lebih khusus dalam Program Magister di bidang Teologi dan Studi Keagamaan setelah berhasil menyelesaikan Program Sarjana.
  • Program ini juga dapat diambil paruh waktu.

Struktur

Program Sarjana yang ditawarkan oleh Fakultas Teologi dan Studi Agama berusaha untuk memberikan kontribusi pada pembentukan dan pengembangan siswa secara keseluruhan dan untuk mempersiapkan mereka untuk terlibat dalam refleksi teologis dan interdisipliner independen pada tradisi iman Katolik. Pada saat yang sama, program ini juga bermaksud untuk merangsang minat dalam hubungan timbal balik antara berbagai gereja Kristen dan antara agama Kristen dan agama-agama dunia lainnya.

Fakultas

Fakultas Teologi dan Studi Keagamaan telah membangun sejarah dan tradisi yang kaya sejak didirikan pada tahun 1432. Fakultas ini berfokus pada melatih siswa dan peneliti dalam refleksi dan aplikasi yang berbasis ilmiah, dan metodologi, di mana teologi dan studi keagamaan saling memperkaya satu sama lain. Semua program Fakultas diajarkan dalam bahasa Belanda dan Inggris dan terbuka untuk siswa dari setiap kebangsaan. Fakultas saat ini memiliki siswa dari lebih dari enam puluh negara dan dengan demikian dari hampir setiap bagian dari dunia.

Batas waktu aplikasi

  • 1 Maret 2018 (untuk warga non-EEA)
  • 1 Juni 2018 (untuk warga EEA)

KU Leuven menggunakan sistem aplikasi online. Anda dapat mendownload dan mengirimkan formulir aplikasi Anda melalui www.kuleuven.be/application. Siswa dengan gelar Flemish dapat berkonsultasi dengan www.kuleuven.be/studentenadministratie.

Uang sekolah

Biaya kuliah untuk tahun akademik 2018-2019 akan ditentukan pada musim semi 2018. Silakan lihat situs web untuk informasi terbaru: www.kuleuven.be/tuitionfees.

Apakah ini program yang tepat untuk saya?

Selain memenuhi persyaratan penerimaan umum dan fakultas-spesifik, pelamar harus memiliki:

  • kesadaran akan sejarah; kemampuan untuk menghubungkan potongan-potongan informasi historis konkret dengan satu sama lain dan menempatkannya di sepanjang garis waktu;
  • minat terhadap sikap, kebiasaan, dan tradisi keagamaan;
  • kesadaran akan peran publik dari agama, ritual, dan manifestasi di dalam dan di luar lingkungannya sendiri;
  • keakraban awal dengan tradisi Kristen dan sejarah gereja; keakraban dengan kosakata dasar dari tradisi Kristen, termasuk istilah-istilah seperti 'nabi', 'Alkitab', Yesus dari Nazareth, dll .;
  • kapasitas untuk meringkas dan menerapkan wawasan abstrak dan presentasi skematik; kemampuan untuk membedakan antara doktrin, ritual, dan praktik.

Jalur Karir

Setelah lulus, sebagian besar mahasiswa sarjana memutuskan untuk melanjutkan studi mereka di Fakultas Teologi dan Studi Agama untuk mendapatkan Master Penelitian dan bahkan gelar Doktoral. Studi di Fakultas Teologi dan Studi Agama mempersiapkan siswa untuk berbagai karir di sektor-sektor seperti misalnya pendidikan, bisnis, penerbitan, media dan sektor sosial-budaya.

Tujuan

Kurikulum Teologi dan Studi Keagamaan ditujukan untuk studi interdisipliner dan ilmiah tentang tradisi iman Katolik dalam konteks masyarakat multikultural dan multi-agama dan dunia. Pembentukan akademis dimaksudkan untuk mempersiapkan pria dan wanita untuk menghakimi dan bertindak secara dewasa dalam hal-hal yang berkaitan dengan teologi dan studi keagamaan seharusnya tidak hanya untuk meneruskan garis luas tradisi penelitian dalam domain ini tetapi juga untuk fokus erat pada perkembangan di berbagai bidang studi yang berkontribusi padanya. Karena alasan inilah program-program pengajaran yang ditawarkan oleh Fakultas Teologi dan Studi Keagamaan berusaha memberikan kontribusi pada pembentukan dan pengembangan keseluruhan para siswa dan mempersiapkan mereka untuk terlibat dalam refleksi teologis dan interdisipliner independen terhadap tradisi iman Katolik. Pada saat yang sama, program-program ini juga bermaksud untuk merangsang minat pada hubungan timbal balik antara berbagai gereja Kristen dan antara agama Kristen dan agama-agama dunia lainnya.

Ini termasuk:

  • Pengembangan kerangka rujukan terpadu melalui perkenalan ke disiplin utama teologi dan studi agama serta ilmu filosofis dan sosial yang memfasilitasi refleksi dalam teologi dan studi keagamaan.
  • Pengembangan kapasitas dasar khusus untuk formasi akademis dalam studi teologi dan agama, termasuk kombinasi kepentingan ilmiah yang luas dan disposisi kritis sehubungan dengan berbagai cara di mana fenomena agama disajikan dan dievaluasi di akademi, di masyarakat. pada umumnya dan dalam budaya.
  • Persiapan untuk studi yang lebih khusus dalam Program Magister di Teologi dan Studi Keagamaan setelah berhasil menyelesaikan Program Sarjana.

Tingkat pencapaian akhir sehubungan dengan Program Bachelor of Arts dalam Teologi dan Studi Keagamaan secara keseluruhan:

  1. pengetahuan tentang, dan wawasan ke dalam konsep dasar dan metode teologi dalam kaitannya dengan perspektif metodologis yang berbeda (sastra-sejarah: ilmu-ilmu Alkitab, sejarah gereja dan teologi; teologis-sistematis: teologi dogmatis, etika teologis; pastoral-teologis).
  2. pengetahuan tentang, dan wawasan ke dalam konsep-konsep dasar dan metode studi agama, dialog antar-agama dan studi tentang agama-agama besar dunia.
  3. pengetahuan tentang, dan wawasan tentang konsep dasar dan metode hukum kanonik.
  4. pengetahuan tentang, dan wawasan ke dalam konsep dasar dan metode filsafat, ilmu sosial dan psikologi dengan perhatian khusus pada cara di mana disiplin ini berusaha untuk memperjelas dan menjelaskan fenomena agama.
  5. kapasitas untuk menerapkan wawasan yang diperoleh dalam disiplin teologis dan non-teologis untuk masalah, pertanyaan, dan pernyataan yang berkaitan dengan agama, pilihan hidup yang mendasar dan masyarakat.
  6. kapasitas untuk menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan gereja dan agama dan menempatkannya dalam kerangka yang lebih luas.
  7. kapasitas untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teologi dan agama dalam konteks sosial yang lebih luas dan mengadopsi sudut pandang yang masuk akal dan bertanggung jawab dalam diskusi semacam itu.
  8. kapasitas untuk secara mandiri dan memadai mengasimilasi literatur (termasuk sastra bahasa asing) di bidang teologi dan studi keagamaan.
  9. komposisi independen dari kertas tahunan di bawah bimbingan seorang promotor. Ini menyiratkan formulasi yang hati-hati dari topik penelitian yang terdefinisi dengan baik, asimilasi dan analisis literatur yang relevan, penyediaan sintesis koheren, artikulasi dan evaluasi wawasan yang terkandung di dalamnya dan adopsi dari perspektif awal, kritis sehubungan dengan memperoleh wawasan.
  10. kapasitas untuk menerapkan pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh dengan cara yang elementer dalam konteks pengajaran, liturgi, dan pekerjaan pastoral.
  11. kapasitas untuk menerapkan pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh secara elementer untuk masalah sosial.
  12. mampu bekerja mandiri dan berkolaborasi.

Pembelajaran lebih lanjut

Langsung:

  • Master Penelitian: Master Studi Lanjut dalam Teologi dan Agama (Leuven)
  • Master of Theology and Religious Studies (Leuven)
  • Master of Society, Law, and Religion (Leuven)

Bila diizinkan:

  • Master dalam de teologie en de religiewetenschappen (Leuven)
Sekolah ini menawarkan program di:
  • Inggris


Terakhir diperbarui June 19, 2018
Durasi & Harga
Kursus ini Berbasis Kampus
Start Date
Tanggal mulai
Sept. 2019
Duration
Durasi
Paruh waktu
Penuh waktu
Price
Harga
- Biaya kuliah untuk tahun ajaran 2018-2019 akan ditentukan pada musim semi tahun 2018
Information
Deadline
Hubungi sekolah
for non-E.E.A. citizens; 1 June 2018 for E.E.A. citizens.
Locations
Belgia - Leuven, Flanders
Tanggal mulai : Sept. 2019
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
for non-E.E.A. citizens; 1 June 2018 for E.E.A. citizens.
Tanggal selesai Hubungi sekolah
Dates
Sept. 2019
Belgia - Leuven, Flanders
Tenggat waktu aplikasi Hubungi sekolah
for non-E.E.A. citizens; 1 June 2018 for E.E.A. citizens.
Tanggal selesai Hubungi sekolah