Program Sarjana Internasional (IUP) di bidang Kimia

Umum

Deskripsi Program

Kelompok penelitian balita, Ilmu Hayati, Kimia Industri, Kimia Lingkungan, Kimia Bahan, dan Kimia Teoritis dan Komputasi, IUP dalam Kimia menawarkan mahasiswa sarjana internasional yang belajar di kelas kecil yang terdiri dari sekitar 30 siswa dengan pengawas pribadi untuk mengawasi kemajuan akademik dan kesejahteraan pribadi, program pengajaran yang memastikan lingkungan belajar yang sangat mendukung, ceramah yang didukung oleh tutorial dan lokakarya kelompok kecil, pilihan kursus kimia elektif dan fasilitas penelitian seperti AAS, UV-Vis, DTA-TGA, Elektroforesis, Potensiometer, Kalorimeter Bom , GC-MS, HPLC, H-NMR, IR, UV-VIS, TLC Scanner dan Transmission Electron Microscope (TEM).

Kemakmuran masyarakat modern sebagian didasarkan pada pencapaian Kimia yang luas. Kemajuan dalam disiplin ini memungkinkan inovasi dalam bidang kedokteran, pertanian, energi, dan di hampir semua sektor manufaktur industri dan bahan untuk penggunaan sehari-hari. Dengan itu, kimia berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup orang.

Visi dan Misi

Dalam menjalankan fungsinya, Chem-UGM memiliki visi untuk menjadi program Kimia yang unggul secara nasional dan diakui secara internasional untuk pendidikan, penelitian dan layanan masyarakat dan mampu menghasilkan lulusan yang luar biasa yang mampu bersaing dengan rekan-rekan nasional dan internasional mereka. Untuk mencapai visi ini, Chem-UGM telah menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Untuk memastikan pelaksanaan sistem pendidikan kimia untuk memungkinkan proses belajar mengajar untuk memberikan lulusan dengan kualitas internasional.
  2. Untuk menyiapkan suasana yang tepat untuk mendukung penelitian dasar internasional untuk Kimia fundamental dan terapan, untuk membantu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemakmuran masyarakat.
  3. Untuk terus meningkatkan dan memperkuat kolaborasi dengan industri, pemerintah, dan pihak internasional.

Dalam mewujudkan visi dan misi, Departemen Kimia diatur oleh seorang ketua dan sekretaris departemen. Lebih lanjut didukung oleh 46 staf akademik yang terkonsentrasi di lima bidang studi termasuk ilmu kehidupan, ilmu industri, ilmu lingkungan, ilmu material, dan teori dan Kimia Komputasi, yang menyebar hampir merata di enam laboratorium yang merupakan tahun pertama, organik, anorganik, kimia analitik, fisik dan komputasi. Laboratorium ini dilengkapi dengan instrumen internasional berstandar internasional untuk mendukung pengajaran Kimia dan masyarakat penelitian.

Kurikulum

Menurut kurikulum 2011, Chem-UGM menawarkan kepada siswa 115 jam kredit wajib (terdiri dari 55 program) dan sekitar 79 jam kredit elektif (terdiri dari 40 program). Untuk memperoleh gelar Sarjana Kimia, siswa harus menyelesaikan 144 sks mata pelajaran / percobaan yang terdiri dari:

  • Mata pelajaran wajib (115 sks)
  • Mata pelajaran pilihan (setidaknya 29 sks)

Lima kelompok mata kuliah pilihan yang disediakan oleh Chem-UGM adalah sebagai berikut:

  • Ilmu kehidupan
  • Kimia industri
  • Kimia lingkungan
  • Kimia bahan
  • Teori dan kimia komputasi

Kurikulum dirancang berdasarkan masa studi 4 tahun. Tahun akademik semester pertama dimulai pada awal September dan akan selesai pada akhir Januari tahun berikutnya. Semester kedua dimulai pada awal Februari dan akan selesai pada akhir Juni di tahun yang sama.

Persyaratan Pendaftaran

Lulusan tahun 2018, 2017, dan 2016 dari:

  • Sekolah Menengah Atas atau
  • A-Level atau
  • Baccalaureate Internasional

Prosedur Penerimaan

  1. Mendaftar untuk akun aplikasi.
  2. Lengkapi formulir aplikasi online dan unggah dokumen yang diperlukan (minimal 150 kb dan maksimum 800kb).
  3. Membayar biaya aplikasi yang tidak dapat dikembalikan melalui Sistem Multi-Pembayaran Bank Mandiri, BNI, BRI, BSM, atau BTN seperti yang diminta.
  4. Cetak formulir aplikasi, jika Anda tidak dapat mencetak formulir aplikasi atau aplikasi online Anda gagal, silakan hubungi kami.
  5. Kartu Penerimaan dapat dicetak tiga (3) hari sebelum tanggal ujian penerimaan.

Kualitas asuransi

Untuk memastikan program yang berkualitas, program sarjana telah secara teratur dinilai oleh Dewan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN PT) dengan nilai 'A'. Pada Oktober 2009, itu juga dinilai oleh ASEAN University Network QA. Selain itu, keduanya M.Sc. dan Ph.D. program juga mencapai kualitas 'A'. Departemen kimia telah memperoleh akreditasi internasional dari The Royal Society of Chemistry (RSC) untuk program sarjana pada bulan Maret 2013.

Terakhir diperbarui Okt 2019

Tentang Sekolah

Considered one of the oldest universities in Indonesia, Universitas Gadjah Mada serves as a pillar of educational awakening in Indonesia and purports to be a defender and disseminator of Pancasila.

Considered one of the oldest universities in Indonesia, Universitas Gadjah Mada serves as a pillar of educational awakening in Indonesia and purports to be a defender and disseminator of Pancasila. Baca Lebih Sedikit