Sarjana Manajemen Bisnis TIK (Bisnis TIK Internasional)
Telkom University
Informasi kunci
Lokasi kampus
Bandung, Indonesia
Bahasa
Bahasa inggris
format studi
Pembelajaran jarak jauh, Di kampus
Durasi
8 semester
Kecepatan
Waktu penuh
Biaya pendidikan
IDR 184.000.000 / per year
Tenggat waktu aplikasi
Minta info
Tanggal mulai paling awal
Sep 2024
Beasiswa
Jelajahi peluang beasiswa untuk membantu mendanai studi Anda
pengantar
Akibat pandemi Covid-19, Telkom University telah menyelenggarakan kuliah online bagi seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa baru internasional. Diharapkan setelah pandemi Covid-19 mulai mereda dan pemerintah Indonesia telah membuka akses dan layanan bagi mahasiswa internasional, kami dengan senang hati menyambut baik studi mahasiswa internasional di kampus.
Sarjana Manajemen Bisnis TIK adalah salah satu program studi di Sekolah Ekonomi dan Telkom University , Indonesia yang berdiri pada tahun 1997. Manajemen Bisnis TIK kami memiliki fokus yang sangat tajam pada manajemen untuk kebutuhan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Dengan warna TIK yang kental, lulusan Program Studi Manajemen Bisnis TIK dapat diterima di industri telekomunikasi maupun industri lain yang gencar menggunakan TIK dalam proses bisnisnya.
Telkom University's International Office","author_url":"","source":""}" />
Apa yang Akan Anda Pelajari?
Ada 5 konsentrasi dalam Manajemen Bisnis TIK:
1. Manajemen Bisnis Telekomunikasi (MBT), mahasiswa akan belajar bagaimana:
- melaksanakan manajemen bisnis telekomunikasi
- terampil dalam mengevaluasi telekomunikasi berbasis manajemen dengan dukungan jaringan telekomunikasi nirkabel dan seluler
- menganalisis model bisnis yang digunakan dalam industri telekomunikasi saat ini.
2. Manajemen Bisnis Informatika, mahasiswa akan belajar bagaimana:
- membuat rencana bisnis dan melaksanakan manajemen bisnis Informatika.
- mengelola keamanan informasi dan memahami audit keamanan informasi.
- menganalisis sistem informasi manajemen bersama dengan prosedur pengujian perangkat lunak.
- merancang proses bisnis e-commerce dan bisnis IT.
3. Manajemen Bisnis Media, mahasiswa akan belajar bagaimana:
- menerapkan manajemen bisnis media dan pemasaran bisnis media.
- mengevaluasi sistem pelestarian informasi digital di perusahaan media.
- terampil menghasilkan karya konten media dengan memanfaatkan TIK dan menggunakan elemen pembentuk konten dan memiliki nilai menarik.
4. Content Business Management, mahasiswa akan belajar bagaimana:
- memahami ekosistem dalam rantai bisnis konten pada jaringan telekomunikasi seluler, mengetahui dan memahami potensi bisnis konten seluler, mengetahui dan memahami proses penyediaan konten hingga distribusi dan komersialisasi.
- menganalisis sistem manajemen konten multimedia dan semantik web.
- mengevaluasi pelestarian sistem informasi digital di perusahaan.
5. Manajemen Bisnis TIK Internasional, siswa akan belajar bagaimana:
- mengelola bisnis internasional yang didukung dengan sertifikat Internasional sesuai dengan bidang minat dan pengalaman bisnis di luar negeri.
- terampil berbicara bahasa Inggris secara aktif (pengantar pengajaran dan pembelajaran disampaikan dalam bahasa Inggris).
Materi pembelajaran Manajemen Bisnis TIK Internasional disampaikan dalam bahasa Inggris, meliputi ceramah, magang, ujian, skripsi, uji coba, dan publikasi ilmiah. Mahasiswa juga diberikan beberapa program internasional seperti program mobilitas ( edutrip , pertukaran mahasiswa, atau program short course) dan sertifikasi internasional terkait manajemen. Selain itu, akan ada Program Sinergi Bahasa Inggris untuk meningkatkan Bahasa Inggris mereka dari Pusat Bahasa dalam 1 tahun.
Apa yang Akan Anda Menjadi?
Lulusan Manajemen Bisnis TIK diharapkan untuk
- Mampu merencanakan, mengatur, mengatur staf, memimpin, dan mengarahkan orang lain, dan melakukan kontrol untuk mengelola organisasi bisnis dan non-bisnis.
- Mampu menjalankan tugas manajer fungsional (Pemasaran, Operasional, SDM, Keuangan) dan wirausaha pada organisasi bisnis dan non bisnis.
- Mampu menyelesaikan masalah operasional dan manajerial, memilih solusi terbaik, rekomendasi pengambilan keputusan, dan membuat rencana tindakan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
- Mampu memahami teori, konsep, metode, dan alat yang terkait dengan analisis keterampilan manajerial di bidang Pemasaran, SDM, Operasional, dan Keuangan.
- Mampu melakukan pengumpulan dan pengolahan data serta menganalisis informasi yang relevan dalam proses penelitian.
- Mampu menerapkan konsep manajemen pemasaran yang meliputi aspek manajemen dan pemasaran, pembentukan bauran pemasaran, menyusun strategi untuk merencanakan program pemasaran di suatu perusahaan.
- Mampu mendemonstrasikan sistem analisis pencatatan dan menyediakan laporan keuangan perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan keuangan, serta menganalisis sumber pendanaan berdasarkan teori struktur modal yang dapat diterapkan di suatu perusahaan.
- Memiliki jiwa kewirausahaan sehingga mampu berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Mampu menerapkan konsep manajemen operasi yang meliputi desain dan operasi manajemen mutu, dan menganalisis manajemen proyek di suatu perusahaan.
- Mampu mengelola sumber daya manusia yang meliputi: pemanfaatan, pengembangan, penilaian, pemberian tunjangan, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pegawai, juga melibatkan perancangan dan implementasi sistem perencanaan, pegawai, pengembangan pegawai, manajemen karir , evaluasi kinerja, kompensasi karyawan, dan hubungan kerja yang baik.
Lulusan Manajemen Bisnis TIK memiliki kemungkinan untuk menjadi:
- Pengembang aplikasi
- Analis bisnis
- Analis komputer forensik
- Insinyur jaringan
- Profesional penjualan IT
Kurikulum
Mulai semester ganjil 2020/2021 ini, Telkom University khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis menerapkan Kurikulum 2020 yang mengacu pada kerangka Outcome Based Education (OBE). Rancangan kurikulum 2020 dibuat dengan tujuan:
- Mengantisipasi perkembangan revolusi industri 4.0 dengan menambah literasi baru yaitu literasi manusia, literasi data, dan literasi teknologi.
- Memperkuat keterlibatan industri dengan mewujudkan Program WRAP (Work Ready Program) berupa magang, wirausaha, dan penelitian kapal.
- Memperkuat metode pembelajaran digital berbasis student-centered learning dengan mengembangkan blended learning pembelajaran terbalik dan pembelajaran jarak jauh.
- Mengakui kegiatan pengembangan dan inovasi komunitas mahasiswa dengan mengikuti kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata Tematik, lomba nasional maupun internasional, sertifikasi, dan sederajat lainnya.
- Melaksanakan proses pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dimana mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil SKS diluar program studi, yang dapat diambil dari luar program studi baik di universitas maupun di luar universitas.
Semua ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan berinteraksi di seluruh dunia sesuai dengan visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Galeri
Tentang Sekolah
pertanyaan
Kursus Serupa
Sarjana Manajemen Bisnis dan Pemasaran
- Vilnius County, Lituania
BCom dalam Manajemen Bisnis
- Johannesburg, Afrika Selatan
Sarjana Manajemen - 100% dalam Bahasa Inggris (Kampus)
- Rennes, Perancis