Sejalan dengan Buku Putih Program Konvergensi Eropa ANECA untuk gelar Sejarah, berikut ini diindikasikan sebagai tujuan umum terpenting dari Gelar Geografi dan Sejarah ini: Memberikan pengetahuan rasional dan kritis tentang masa lalu umat manusia, sehingga siswa memahami masa kini dan dapat membuatnya dapat dipahami orang lain. Oleh karena itu, mereka memperoleh kemampuan untuk menghubungkan peristiwa dan proses masa lalu dengan masa kini dan untuk membedakan cara di mana yang pertama mempengaruhi yang terakhir. Untuk ini, dianggap sangat penting bahwa mereka juga memperoleh pengetahuan dasar tentang ruang geografis yang berfungsi sebagai latar sejarah manusia, serta tentang ekspresi plastis kreativitas manusia melalui seni, yang merupakan cerminan evolusi yang tidak perlu dipertanyakan lagi. ide dan mentalitas. Dalam pengertian ini, tidak diragukan lagi bahwa pengetahuan Geografi dan Sejarah Seni membantu siswa Sejarah untuk memahami bagaimana manusia hidup, berpikir dan berperilaku di masa lalu, menumbuhkan kemampuan untuk merumuskan hipotesis dan menemukan jawaban yang memadai, beralasan dan beralasan. Carilah perolehan oleh para siswa tentang pengetahuan yang tepat tentang peristiwa-peristiwa utama dan tentang proses perubahan dan kontinuitas umat manusia dalam perspektif diakronis, dari Prasejarah hingga Dunia Sekarang. Berkenaan dengan dimensi spasial dari pengetahuan sejarah ini, akan dimulai dari realitas universal dan Eropa, yang akan memungkinkan kita untuk memahami keragaman sejarah dan budaya umat manusia, untuk kemudian memperhatikan realitas Spanyol yang lebih dekat dengan kita, meskipun melakukan menunjukkan kepada siswa bahwa bidang spasial yang berbeda bukanlah kompartemen kedap air, tetapi saling terkait secara mendalam, dan bahwa Sejarah adalah praktik studi dalam konstruksi berkelanjutan dan bukan seperangkat pengetahuan statis. Memberikan pengetahuan dasar tentang metode utama, teknik, dan instrumen analisis sejarawan, yang akan memungkinkan siswa memperoleh kemampuan untuk memeriksa secara kritis setiap kelas sumber dan dokumen sejarah, serta kemampuan untuk menangani instrumen pencarian, identifikasi , pemilihan dan pengumpulan informasi, baik bibliografi maupun yang sifatnya lain, untuk digunakan dalam studi masalah historiografi atau dalam penelitian sejarah. Untuk memastikan bahwa siswa mencapai pengetahuan dasar tentang konsep, kategori, teori, dan tema yang paling relevan dari berbagai cabang penelitian sejarah, dan agar mereka menyadari perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu dalam minat dan bentuk pembuatan sejarah, terkait erat dengan berbagai konteks geopolitik, sosial dan budaya. Menjamin bahwa, pada akhir gelar, siswa mengetahui bagaimana mengekspresikan diri mereka dengan lancar, jelas dan koheren, dengan benar menggunakan terminologi disiplin itu sendiri, sehingga mereka mampu memberikan konsistensi pada argumen mereka dan membuatnya dapat dimengerti oleh orang lain. Juga penting bahwa mereka memperoleh keterampilan untuk analisis, sintesis, refleksi, perbandingan, dan pemahaman tentang masa lalu dan sekarang, semangat kritis, ketelitian, dan objektivitas, kualitas yang semuanya melekat pada karya sejarawan dan ahli geografi. Berkontribusi pada pelatihan untuk pengembangan fungsi pengajaran yang terkait dengan bidang sejarah dan geografis di bidang pendidikan menengah, di mana siswa juga harus melaksanakan, tentu saja, gelar Master yang memungkinkan mereka untuk menjalankan profesi Wajib Guru Menengah dan Baccalaureate, Pelatihan Kejuruan, Pengajaran Artistik, Pengajaran Bahasa dan Pengajaran Olahraga. Pastikan bahwa siswa memperoleh serangkaian keterampilan umum yang berguna untuk kehidupan kerja mereka, seperti keterampilan organisasi dan perencanaan, penilaian independen, pengambilan keputusan, menghormati sudut pandang orang lain. Untuk ini, beberapa metode pengajaran, seperti seminar dan kelompok kerja, mungkin menjadi minat khusus. Namun, selain tujuan umum gelar, dan sejalan dengan Buku Putih Program Konvergensi Eropa ANECA untuk Gelar Geografi dan Perencanaan Wilayah, tujuan khusus dari Rencana Perjalanan Geografi dapat ditunjukkan sebagai berikut: Pastikan pelatihan umum, yang bersifat terpadu, tentang isi mendasar dari berbagai bidang tematik Geografi dan metode penelitiannya. Mengetahui dan mengelola teknik kerja utama yang terkait dengan memperoleh, merepresentasikan, dan memproses informasi geografis, untuk memungkinkan penerapan pengetahuan teoritis untuk analisis teritorial, menggabungkan dan menafsirkan dengan benar berbagai jenis bukti geografis (teks, peta, file, gambar). Membantu menafsirkan, dalam konteks sejarah yang berbeda, keragaman dan kompleksitas wilayah di mana aktivitas manusia berlangsung, dengan maksud untuk menghubungkan fenomena alam dan lingkungan dengan fenomena ekonomi dan sosial lainnya. Berkontribusi pada pelatihan untuk pengembangan fungsi pengajaran, yang bersifat geografis, di bidang pendidikan menengah, di mana siswa juga harus menyelesaikan gelar Master yang memungkinkan mereka untuk menjalankan profesi Guru Sekolah Menengah. , Pelatihan Kejuruan, Pengajaran Artistik, Pengajaran Bahasa dan Pengajaran Olahraga. Buat basis untuk studi Pascasarjana berikutnya, khusus atau bersifat transdisipliner, di mana terdapat komponen teritorial yang menonjol. Singkatnya, ini dimaksudkan agar siswa yang mengikuti Rencana Perjalanan Geografi memperoleh pelatihan geografis yang cukup luas yang, jika sesuai, memungkinkan mereka untuk berhasil menyelesaikan gelar doktor di bidang Geografi. Perolehan pengetahuan dan keterampilan yang ditunjukkan dalam paragraf sebelumnya akan memungkinkan lulusan Geografi dan Sejarah untuk berlatih secara profesional di berbagai bidang, di antaranya yang menonjol adalah sebagai berikut: Pengajaran Sejarah dan/atau Geografi. Penelitian sejarah dan/atau geografis. Pengarahan dan manajemen survei, penggalian dan studi arkeologi. Pengelolaan warisan sejarah-budaya dan/atau lingkungan (dengan semua tugas mulai dari pengetahuan dan konservasi warisan hingga penyebarannya). Tugas pengelolaan dokumen di arsip, perpustakaan dan museum. Penyebaran pengetahuan sejarah dan geografis. Kolaborasi di media sosial dan pekerjaan editorial. Nasihat budaya di lembaga publik dan perusahaan swasta. Administrasi publik, persiapan untuk karir diplomatik. Manajemen proyek internasional untuk badan publik dan perusahaan dan organisasi swasta. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pembangunan daerah dan lokal.
-