Keystone logo
Spanyol

Belajar Sarjana di dalam Spanyol 2024

Ubah mata uang

Biaya hidup bulanan dasar

  • Sewa di flat bersama

    416
  • Berbagi utilitas

    42
  • Berlangganan internet

    33
  • Transportasi lokal

    34

Contoh biaya gaya hidup

  • Kombo makanan cepat saji

    8
  • Tiket bioskop

    8
  • Pint bir lokal

    3

Persyaratan Visa

Untuk siswa di luar EU/EEA atau Swiss yang ingin mengikuti pertukaran pelajar, lakukan penelitian atau pelatihan atau bekerja sebagai pekerja magang atau sukarelawan di Spanyol selama lebih dari tiga bulan.

Jenis Visa apa yang Anda butuhkan?

nama visa

Visa Pelajar (Tipe D)

Harga dan Mata Uang

EUR 160

Harga visa pelajar ke Spanyol sekitar EUR 160. Biaya aplikasi visa dapat berubah sewaktu-waktu.

Siapa yang bisa mengajukan visa?

Warga negara dari EU/EEA atau Swiss tidak memerlukan visa pelajar terlepas dari lama tinggal mereka di Spanyol. Siswa EU/EEA/Swiss tidak memerlukan visa untuk tinggal di Spanyol, tetapi harus mendaftar ke otoritas lokal dan mendapatkan sertifikat tempat tinggal.

Warga negara dari semua negara lain memerlukan visa pelajar jika mereka berencana untuk tinggal dan belajar selama lebih dari 90 hari di Spanyol. Visa ini diberikan kepada siswa yang telah diterima untuk masuk oleh lembaga pendidikan yang diakui di Spanyol.

Di mana Anda dapat membuat aplikasi?

konsulat atau kedutaan Spanyol

Anda dapat mengajukan permohonan visa belajar di konsulat atau kedutaan Spanyol di negara asal Anda.

Situs web:http://www.exteriores.gob.es/Portal/en/ServiciosAlCiudadano/Paginas/EmbajadasConsulados.aspx

Bagaimana cara membuat aplikasinya?

Sebelum Anda dapat mengajukan permohonan visa belajar, Anda harus mencari kursus atau program dengan institusi yang diakui secara resmi di Spanyol. Anda kemudian perlu mendapatkan konfirmasi resmi dari organisasi yang menyatakan bahwa Anda telah diterima di kursus atau program tersebut, dalam bentuk sertifikat atau surat penerimaan. Setelah Anda memilikinya, Anda dapat menghubungi kedutaan atau konsulat Spanyol di negara asal Anda dan mengajukan visa pelajar.

Persis apa yang diperlukan mungkin berbeda dari konsulat ke konsulat tetapi secara umum, Anda harus menunjukkan paspor Anda, serta yang berikut ini:

  • perincian studi, pelatihan, atau penelitian yang akan Anda lakukan di Spanyol, termasuk jam belajar per minggu (setidaknya 20);
  • bukti bahwa Anda memiliki asuransi kesehatan;
  • surat keterangan medis yang menyatakan bahwa Anda tidak memiliki penyakit yang mengharuskan Anda untuk dikarantina;
  • bukti bahwa Anda memiliki dana untuk mendukung Anda selama Anda tinggal di Spanyol (mis. perincian beasiswa, bank Spanyol yang menunjukkan dana yang cukup, atau surat dari orang tua/wali yang bertanggung jawab penuh terhadap keuangan);
  • informasi tentang di mana Anda akan tinggal;
  • sertifikat catatan kriminal yang dikeluarkan dalam lima tahun terakhir oleh otoritas terkait di negara asal Anda.

Jika Anda tinggal di Spanyol selama lebih dari enam bulan untuk belajar, Anda harus mengajukan izin tinggal siswa dalam waktu 30 hari setelah memasuki Spanyol. Anda mengajukannya di Kantor Orang Asing setempat (Oficina de Extranjeros) atau kantor polisi. Kartu berlaku selama satu tahun dan Anda dapat memperbaruinya setiap tahun selama lima tahun selama Anda melanjutkan studi.

Kapan Anda harus melamar?

Anda harus mengajukan visa Anda antara dua dan tiga bulan sebelum Anda berniat melakukan perjalanan ke Spanyol untuk memberikan waktu untuk memproses aplikasi Anda.

Umumnya, visa pelajar di Spanyol diberikan selama masa studi. Anda dapat memperbarui visa pelajar Anda untuk memperpanjang studi Anda atau mengambil program studi baru di Spanyol. Jangan mencoba mengajukan aplikasi visa pelajar Anda lebih dari empat bulan sebelumnya atau kurang dari 7 minggu sebelum tanggal keberangkatan, jika tidak, aplikasi tidak akan diterima.

Jika studi Anda di Spanyol lebih dari enam bulan, Anda harus mengajukan permohonan izin tinggal siswa yang berlangsung selama satu tahun. Izin tinggal siswa harus diperbarui setiap tahun.

Waktu memproses

Kesempatan kerja

Izin tinggal Spanyol memberi Anda hak untuk bekerja paruh waktu atau dalam posisi sementara, selama Anda tidak menggunakan uang yang Anda peroleh untuk menghidupi diri sendiri selama berada di Spanyol. Anda diperbolehkan bekerja hingga 20 jam seminggu selama Anda belajar, selama itu tidak mengganggu studi Anda. Perusahaan yang mempekerjakan Anda perlu mendapatkan izin kerja untuk Anda dari Kantor Orang Asing. Kontrak kerja Anda tidak boleh melebihi durasi visa studi.

Jika Anda akan melakukan magang sebagai bagian dari kursus Anda yang telah memberikan izin tinggal, Anda tidak memerlukan izin kerja.

Jam per minggu

20

Mengapa Anda membutuhkan jenis visa ini?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa visa pelajar ke Spanyol dapat ditolak:

  • Tindakan kriminal masa lalu atau saat ini
  • Penjelasan yang tidak memadai untuk tujuan dan keadaan masa inap yang direncanakan
  • Sarana penghidupan yang tidak mencukupi
  • Asuransi perjalanan tidak valid
  • Kurang menunjukkan bukti akomodasi
  • Situasi visa Schengen yang tidak menguntungkan - Gagal mematuhi batasan Visa Schengen sebelumnya (yaitu Overstay di Area Schengen, gagal mengikuti rencana perjalanan yang disajikan – dengan melewatkan untuk tinggal di negara tujuan utama di Area Schengen, dan seterusnya).