BA dalam Pendidikan Kebutuhan Khusus
Budapest, Hongaria
DURASI
4 Years
BAHASA
Bahasa inggris
KECEPATAN
Waktu penuh
TENGGAT WAKTU APLIKASI
15 May 2025
TANGGAL MULAI PALING AWAL
01 Sep 2025
BIAYA PENDIDIKAN
EUR 1.990 / per semester *
FORMAT STUDI
Di kampus
* untuk siswa non-UE/EEA dan siswa EU/EEA
pengantar
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan teoritis dan metodologis tingkat lanjut yang berkaitan dengan pendidikan kebutuhan khusus dan bidang keilmuan yang terkait kepada para calon guru berkebutuhan khusus. Peserta program kami akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk kegiatan berkebutuhan khusus di samping pengetahuan khusus dan praktis, yang akan memungkinkan mereka untuk membantu anak-anak, remaja dan orang dewasa dengan kecacatan dan gangguan dalam meningkatkan keterampilan dan fungsi mereka (kognitif, sosial, somatik, sensorik, dan perseptual) serta untuk membantu mereka dalam manajemen kehidupan, rehabilitasi, penyesuaian lingkungan, dan integrasi sosial.
Program ini direkomendasikan untuk pelamar yang tertarik dengan penyandang disabilitas dan kemungkinan memberikan bantuan kepada mereka, memiliki keterampilan komunikasi, sosial dan kreatif yang baik dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam pelatihan profesional berkualitas tinggi. Program pelatihan kami sangat cocok untuk mereka yang memiliki empati yang tinggi, kerja sama yang baik dan keterampilan interpersonal, tanggung jawab, dan kesadaran diri.
Program ini memungkinkan mahasiswa untuk menginterpretasikan diagnosa medis dan psikologis serta hasil tes, yang berkaitan dengan disabilitas dalam bidang keahlian mereka. Program pelatihan kami memungkinkan para siswa untuk menerapkan pengetahuan psikologis mereka secara tepat, menyesuaikannya dengan kebutuhan orang-orang dengan disabilitas tertentu. Peserta akan dilatih untuk mengimplementasikan diagnostik kebutuhan khusus yang kompleks, termasuk penggunaan alat diagnostik yang canggih, dan merancang kegiatan dan proses kebutuhan khusus yang relevan dan berorientasi pada tujuan berdasarkan diagnosis medis dan psikologis serta hasil tes. Ketika merancang intervensi kebutuhan khusus, peserta akan dapat menggabungkan prinsip-prinsip didaktik dan metodologis umum dengan konten pendidikan khusus yang sesuai dengan jenis kecacatan, mengadaptasi proses dengan usia, kemampuan, sikap, dan kekhususan sosio-budaya klien. Peserta juga akan dilatih untuk memberikan layanan pendidikan, perkembangan, terapi, pencegahan, habilitasi, dan rehabilitasi yang kompleks bagi para penyandang disabilitas yang dirawat oleh sistem penyediaan layanan institusional, dengan mempertimbangkan kebutuhan, kemampuan, dan preferensi orang-orang yang bekerja dengan mereka. Dengan menggunakan keterampilan ini, mahasiswa kami akan dapat mendukung kesempatan untuk menyesuaikan diri dan meningkatkan kualitas penyandang disabilitas.
Penerimaan
Kurikulum
Kekuatan program
Program gelar Sarjana (BA) dalam Pendidikan Kebutuhan Khusus tersedia sebagai program pelatihan penuh waktu delapan semester dengan 240 kredit untuk lulusan sekolah menengah. Setelah pengenalan umum tentang pendidikan kebutuhan khusus dan disiplin ilmu terkait (termasuk biologi manusia, teori pendidikan, psikologi, dan seni), mahasiswa melanjutkan studi mereka dalam satu atau dua bidang spesialisasi dari semester ketiga mereka. Pada semester terakhir pelatihan mereka, mahasiswa berpartisipasi dalam program praktik profesional di lembaga yang terkait dengan spesialisasi pilihan mereka.
Spesialisasi:
Pendidikan kebutuhan khusus untuk
- Orang dengan Gangguan Pendengaran dan/atau
- Orang dengan Disabilitas Intelektual dan/atau
- Orang dengan Disabilitas Fisik dan Disabilitas Ganda dan/atau
- Orang dengan Gangguan Penglihatan
Satu atau dua spesialisasi dapat dipilih dalam kombinasi apa pun dari yang tercantum di atas. Untuk memulai spesialisasi, setidaknya diperlukan 5 pelamar. Selama proses pendaftaran, mahasiswa harus menentukan peringkat spesialisasi pilihan mereka atau pasangan spesialisasi. Lihat selengkapnya di poin D/2.
Pendidikan kebutuhan khusus untuk penyandang disabilitas intelektual
Spesialisasi ini mempersiapkan siswa untuk intervensi dini, pendidikan prasekolah dan sekolah khusus, serta bantuan terapi di bidang pendidikan. Spesialisasi ini juga mempersiapkan siswa untuk pendidikan, pelatihan, dan pengembangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa dengan disabilitas intelektual dan disabilitas ganda, serta untuk pengelolaan kegiatan pengembangan dan terapi bagi individu dan kelompok.
Pendidikan kebutuhan khusus untuk penyandang gangguan pendengaran
Spesialisasi ini memungkinkan peserta untuk melakukan tugas-tugas kompleks di bidang audiologi pediatrik, intervensi dini, pendidikan prasekolah dan sekolah khusus, pendidikan dan pelatihan inklusif untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran, serta di bidang rehabilitasi orang dewasa dengan gangguan pendengaran.
Pendidikan kebutuhan khusus untuk penyandang disabilitas penglihatan
Spesialisasi ini mempersiapkan siswa untuk mengenali gangguan penglihatan, untuk perawatan dan intervensi dini anak-anak dengan gangguan penglihatan, dan untuk pendidikan dan pelatihan khusus di tempat penitipan anak, taman kanak-kanak dan sekolah, serta untuk pekerjaan dan rehabilitasi kompleks orang dewasa dengan gangguan penglihatan.
Pendidikan kebutuhan khusus bagi penyandang disabilitas fisik dan ganda
Spesialisasi ini mempersiapkan siswa untuk mengenali berbagai disabilitas fisik dan motorik serta untuk penilaian anak-anak, remaja, dan orang dewasa dengan disabilitas fisik/motorik dan disabilitas ganda. Peserta akan dilatih untuk memberikan intervensi dini, pendidikan prasekolah dan sekolah, pelatihan, pekerjaan, dan pendidikan jasmani untuk anak-anak dengan disabilitas fisik/motorik serta memberikan rehabilitasi untuk orang dewasa dengan disabilitas fisik/motorik.
Kesempatan berkarir
Lulusan program gelar Sarjana dapat mengejar karier profesional mereka di lembaga pendidikan publik, layanan perawatan kesehatan, sistem perlindungan anak, layanan perawatan sosial, organisasi non-pemerintah atau lembaga sistem peradilan. Di lembaga, kelompok atau kelas kebutuhan khusus yang sesuai dengan spesialisasi mereka, lulusan akan dapat secara mandiri dan bertanggung jawab memberikan pendidikan taman kanak-kanak, taman kanak-kanak dan sekolah dasar (umumnya untuk murid di kelas 1-6, dan dalam pendidikan anak-anak dengan disabilitas intelektual di kelas 1-8) di semua bidang pelatihan dan pendidikan dan semua bidang literasi. Lulusan juga dapat memberikan pengembangan keterampilan dalam pelatihan kejuruan dan pendidikan umum, serta di asrama siswa, rumah anak-anak dan asrama. Peluang lebih lanjut termasuk intervensi pribadi, habilitasi dan rehabilitasi untuk anak-anak, siswa dan orang dewasa dengan kebutuhan khusus di lembaga perawatan rawat jalan dan intervensi, lembaga metodologi kebutuhan khusus terpadu, pusat layanan pendidikan khusus, layanan profesional, dan lembaga pendidikan publik inklusif di bidang spesialisasi lulusan.
Lebih dari separuh dari mereka yang memiliki pendidikan tinggi dan kualifikasi profesional dalam pendidikan kebutuhan khusus bekerja di lembaga pendidikan publik. Selain lembaga pendidikan, ada juga peluang kerja di layanan konsultasi pendidikan, layanan profesional, dan lembaga pedagogi. Dengan semakin banyaknya anak-anak, murid, dan mahasiswa di pendidikan publik dan pendidikan tinggi yang berpartisipasi dalam pendidikan inklusif, ada peningkatan kebutuhan akan profesional yang terlibat dalam bidang pendidikan dan pelatihan terpadu/inklusif dan dilatih untuk memberikan dukungan organisasi, konsultasi, pembelajaran, dan keterampilan hidup. Lebih jauh, ada sejumlah peluang karier lainnya, karena guru kebutuhan khusus juga dibutuhkan di lembaga perawatan kesehatan, sistem perlindungan anak, layanan sosial, LSM, serta beberapa lembaga organisasi peradilan.
Contoh pekerjaan
- guru intervensi dini dan terapis untuk anak-anak penyandang disabilitas (di pusat intervensi dini)
- guru kelas di sekolah khusus untuk anak-anak dan remaja penyandang disabilitas (sesuai spesialisasi)
- konsultasi/dukungan guru bagi penyandang disabilitas di tempat penitipan anak integratif/inklusif, taman kanak-kanak, sekolah,
- instruktur rehabilitasi untuk orang dewasa penyandang disabilitas (di lembaga perawatan medis atau sosial)