
Sarjana in
Gelar Sarjana dalam Pengajaran dan Pembelajaran Biologi Higher Teacher Training School of Jalisco (Escuela Normal Superior de Jalisco)

pengantar
Pendekatan yang berpusat pada pembelajaran menyiratkan cara berpikir baru dan mengembangkan pelatihan dan
praktik profesional yang dilakukan oleh seorang guru. Ini mempertanyakan paradigma yang berpusat pada pengajaran berulang,
potongan transmissive-receptive yang mengutamakan perolehan deklaratif, inert, dan
didekontekstualisasikan. Proposal ini memiliki referensi utama konsepsi konstruktivis dan
pembelajaran dan pengajaran sosiokultural, yang menurutnya pembelajaran terdiri dari aktivitas aktif dan
sadar bahwa tujuannya adalah konstruksi makna dan atribusi makna pada isinya
dan pengalaman dari pihak pembelajar.
Pendekatan ini terdiri dari tindakan intelektual tetapi pada saat yang sama sosial, afektif, dan interaksi dalam suatu
komunitas praktik sosial budaya. Proses belajar terjadi berkat tindakan
mediasi pedagogis yang melibatkan aktivitas terkoordinasi dari niat-tindakan-refleksi antara
siswa dan guru, di sekitar keragaman objek pengetahuan dan dengan campur tangan
bahasa dan instrumen tertentu. Lebih jauh lagi, itu terjadi dalam konteks sosial budaya dan sejarah tertentu,
dari mana ia tidak dapat diabstraksikan, yaitu, ia memiliki karakter yang terletak.