BA dalam Ilmu Komunikasi dan Informasi
Groningen, Belanda
DURASI
3 Years
BAHASA
Bahasa inggris
KECEPATAN
Waktu penuh
TENGGAT WAKTU APLIKASI
01 May 2025
TANGGAL MULAI PALING AWAL
01 Sep 2025
BIAYA PENDIDIKAN
EUR 13.100 / per year *
FORMAT STUDI
Di kampus
* Siswa UE/EEA: €2209 | siswa non-EU/EEA: €10189
pengantar
Komunikasi adalah pusat dari tindakan sosial manusia. Dari kehidupan keluarga sehari-hari hingga komunikasi dalam organisasi, kehidupan kita dibentuk dan diatur melalui komunikasi.
Komunikasi memainkan peran penting dalam masyarakat. Bagaimana orang bisa dibujuk untuk hidup sehat? Bagaimana cara guru mengetahui apa yang siswa pahami? Bagaimana dokter bisa berhasil berkomunikasi dengan pasien yang melek huruf rendah? Ini semua adalah pertanyaan tentang desain Komunikasi.
Dalam program sarjana Ilmu Komunikasi dan Informasi (CIS) Anda akan belajar:
- untuk menemukan di mana komunikasi berhasil atau gagal
- untuk merancang dan mengimplementasikan intervensi untuk meningkatkan komunikasi
- untuk mengukur keberhasilan intervensi ini.
CIS berfokus pada komunikasi dari perspektif bahasa dalam arti luas: CIS adalah tentang teks, pembicaraan, gerak tubuh, gambar dan media digital.
Komunikasi tidak hanya tentang produk, tetapi juga tentang proses yang melibatkan orang, sikap dan pendapat. Oleh karena itu, Anda akan menerima pelatihan multidisiplin dengan unsur-unsur dari linguistik, psikologi, sosiologi dan pemasaran.
CIS adalah program gelar internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Anda akan menjadi bagian dari kelompok siswa internasional. Anda akan berkolaborasi dengan siswa di luar negeri. Dan Anda akan memiliki dosen tamu dari universitas di luar Belanda. Program ini juga memberikan kemungkinan untuk mengikuti Track Belanda.
Mengapa mempelajari program ini di Groningen?
CIS di Groningen adalah satu-satunya program CIS internasional 100% di Belanda. Hal ini diajarkan dalam bahasa Inggris dan dibutuhkan perspektif antar budaya pada komunikasi. Ini memiliki fokus yang kuat pada desain komunikasi. Lulusan kami ahli dalam merancang dan memberi nasihat tentang komunikasi korporat yang sukses, interaksi di tempat kerja, dan pelatihan komunikasi. Kami tidak hanya fokus pada teks tertulis, tetapi juga mencakup interaksi manusia-ke-manusia, interaksi manusia-komputer, dan penggunaan visual yang efektif.
Penerimaan
Kurikulum
Tahun 1
Siswa menjadi akrab dengan topik CIS (komunikasi multimodal, komunikasi persuasif, komunikasi digital, komunikasi antar budaya), metode analitik yang digunakan dalam metodologi penelitian CIS dan CIS (kualitatif dan kuantitatif). Sepanjang tahun siswa menerima pelatihan dalam kemahiran bahasa Inggris (berbicara dan menulis)
- Keterampilan Akademik 1 (5 EC)
- Komunikasi Digital (5 EC)
- Komunikasi Persuasif (5 EC)
- Keterampilan Akademik 2 (5 EC)
- Komunikasi Antarbudaya (5 EC)
- Pengoptimalan bahasa (5 EC)
- Komunikasi Korporat dan Pemasaran 1 (5 EC)
- Metodologi untuk CIS: Metode Kualitatif (5 EC)
- Analisis Teks I (5 EC)
- Analisis Percakapan I (5 EC)
- Metodologi untuk CIS: Metode Kuantitatif (5 EC)
- Komunikasi Multimoda (5 EC)
Tahun 2
Program ini berfokus pada proses desain komunikasi: evaluasi, intervensi dan pengukuran hasil di berbagai domain (misalnya gambar dalam komunikasi profesional, desain dan evaluasi, komunikasi pemasaran perusahaan).
- Desain dan Evaluasi (5 EC)
- Pragmatik (5 EC)
- Statistik (5 EC)
- Analisis Percakapan II (5 EC)
- Komunikasi Korporat & Pemasaran 2 (5 EC)
- Kuesioner dan Desain Wawancara (5 EC)
- ASP untuk Lagu Belanda (5 EC)
- Komunikasi Korporat & Pemasaran 3 (5 EC, opsional)
- Komunikasi Kesehatan (5 EC, opsional)
- Pengembangan Bahasa dan Literasi (5 EC, opsional)
- Gambar dalam Komunikasi Profesional (5 EC)
- Desain web (5 EC, opsional)
- Filosofi Komunikasi (5 EC, opsional)
- Media Sosial (5 EC)
- Statistik II (5 EC, opsional)
- Analisis Teks II (5 EC)
- Kegunaan (5 EC, opsional)
Tahun 3
Siswa melakukan (semi-) penelitian independen dan mengikuti di bawah umur. Siswa juga dapat memilih untuk melakukan penempatan.
- Kecil (30 EC)
- Komunikasi Korporat & Pemasaran 3 (5 EC, opsional)
- Komunikasi Kesehatan (5 EC, opsional)
- Pengembangan Bahasa dan Literasi (5 EC, opsional)
- Desain web (5 EC, opsional)
- Skripsi dan Seminar CIS BA (10 EC)
- Studi Kasus CIW (10 EC)
- Filosofi Komunikasi (5 EC, opsional)
- Statistik II (5 EC, opsional)
- Kegunaan (5 EC, opsional)
Pilihan program
- Lagu Belanda (spesialisasi)
- Kecil (kecil)
- University of Groningen Honors College (program kehormatan)
Belajar diluar negeri
- Belajar di luar negeri direkomendasikan
- Untuk rata-rata 16 minggu
- Maksimum 30 EC
Kesempatan berkarir
Prospek pekerjaan
Sebagai lulusan Ilmu Komunikasi dan Informasi, Anda sudah dipersiapkan dengan baik untuk berkarir di berbagai tempat. Berkat pelatihan penelitian multidisiplin Anda dalam desain komunikasi, Anda akan sangat mampu berkontribusi pada setiap organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk komunikasi yang sukses. Anda dapat bekerja di departemen komunikasi organisasi (pemerintah), komunitas bisnis, organisasi budaya, atau organisasi nirlaba.
Contoh pekerjaan
- petugas Komunikasi
- Konsultan Komunikasi
- Editor
- manajer Komunikasi
- Petugas Pers
- Penasehat Media
- koordinator web
- Wartawan
- Manajer Pemasaran