IPB University

Pengenalan

Baca Keterangan Resminya

IPB University adalah lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan inovasi dengan kualitas yang diakui secara nasional dan internasional. Selama sepuluh tahun berturut-turut (2008-2018), IPB memiliki inovasi terbanyak dibandingkan dengan universitas lain di Indonesia berdasarkan penilaian dari Pusat Inovasi Bisnis - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia dalam Inovasi Paling Prospektif di Indonesia (39,71% ).

Keberhasilan IPB dengan semua pencapaiannya tidak dapat dipisahkan dari peran kepemimpinan para Rektor IPB sebelumnya. Sejarah kepemimpinan IPB dari waktu ke waktu sebagai berikut:

Syarif Thayeb (Ketua Presidium IPB 1963)

AJ Dr. Darman (Ketua Presidium IPB 1963)

Prof. Dr. Tb. Bachtiar Rifai (Rektor IPB 1964 - 1965)

Sajogyo (Rektor IPB 1965 - 1966)

JH Hutasoit (Ketua Presidium IPB 1966)

Toyib Hadiwidjaja (Rektor IPB 1966 - 1971)

AM Satari (Rektor IPB 1971 - 1978)

Andi Hakim Nasution (Rektor IPB 1978 - 1987) Prof.

Sitanala Arsjad (Rektor IPB 1987 - 1996) Prof. Dr. Sitanala Arsjad

Soleh Solahuddin (Rektor IPB 1996 - 1998) Prof. Dr. Soleh Solahuddin

RHM Aman Wirakartakusumah (Rektor IPB 1998 - 2002)

Ahmad Ansori Mattjik (Rektor IPB 2002 - 2007)

Herry Suhardiyanto (Rektor IPB 2008 - 2012)

Herry Suhardiyanto (Rektor IPB 2012 - 2017)

Arif Satria (Rektor IPB 2017 - 2022)

Mengusung slogan "Inspirasi Inovasi dengan Integritas", Rektor IPB saat ini mendorong penciptaan berbagai inovasi dan penemuan yang bermanfaat bagi masyarakat. IPB juga bercita-cita untuk menjadi kampus yang melahirkan wirausaha muda yang mendorong kemandirian nasional di masa depan.

130437_photo-1522202176988-66273c2fd55f.jpgBrooke Cagle / Unsplash

Penglihatan

Visi IPB University untuk periode 2019-2023 adalah: Untuk menjadi universitas berbasis penelitian dan memimpin dalam inovasi untuk kemandirian nasional menuju universitas kewirausahaan tekno-sosial yang unggul di tingkat global dalam bidang pertanian, kelautan, biosains tropis.

Misi

Misi IPB University untuk periode 2019-2023 adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan memperkuat basis penelitian universitas untuk menghasilkan lulusan techno-sociopreneur yang unggul, memiliki karakter mulia berdasarkan iman dan kesalehan kepada Tuhan, nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, keterampilan soft milenium, kepemimpinan, berwawasan global dan menjadi trendsetter dari inovasi dan perubahan.
  2. Perintis penelitian unggul dan terkemuka dalam sains dan teknologi transformatif untuk penciptaan kualitas kehidupan yang berkelanjutan, dan inovasi untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
  3. Jelajahi ilmu-ilmu terbaru dalam bidang biosains pertanian, kelautan, dan tropis untuk menentukan tren sains terkini di tingkat nasional dan global.
  4. Meningkatkan layanan proaktif yang berkontribusi dan menyelesaikan masalah masyarakat dan meningkatkan peran IPB University dalam menentukan arah kebijakan nasional.
  5. Memperkuat sistem manajemen Universitas Negeri yang mampu memandu pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi di era 4.0.

Tujuan IPB University untuk periode 2019 - 2023 adalah:

  1. Menghasilkan lulusan teknologi-sosiopreneur unggul yang memiliki karakter mulia berdasarkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, keterampilan soft milenium, jiwa kepemimpinan, pandangan global dan menjadi trendsetter inovasi dan perubahan.
  2. Menghasilkan ilmu transformatif, teknologi, dan seni untuk menciptakan kualitas kehidupan yang berkelanjutan, dan inovasi konkret untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
  3. Menjadikan IPB University sebagai penentu ilmu pengetahuan terbaru di bidang pertanian, biosains laut dan tropis di tingkat nasional dan global.
  4. Menjadikan IPB University sebagai universitas yang secara proaktif memecahkan masalah masyarakat dan membantu menentukan arah kebijakan nasional.
  5. Menjadikan IPB University sebagai pelopor dalam pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi.

Identitas IPB

IPB didirikan pada 1 September 1963 sebagai bentuk pemikiran visioner dari para pemimpin bangsa dan mereka yang peduli terhadap pendidikan tinggi pertanian sehingga bangsa besar ini memiliki universitas kelas dunia yang memiliki kompetensi di bidang pertanian, biosains, dan berbagai bidang terkait. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan pangan, bioenergi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pelestarian lingkungan. Kelahiran IPB pada 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 91/1963 yang kemudian disahkan oleh Presiden Indonesia pertama dengan Keputusan No. 279/1965

Tagline

Inspirasi Inovasi dengan Integritas dalam Pertanian, Laut, dan Biosains untuk Dunia yang Berkelanjutan

Kehidupan kampus

Seni

IPB University telah berpartisipasi aktif dalam melestarikan seni dan budaya Indonesia. Universitas memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk siswa yang memiliki minat yang sama dalam seni, seperti Lingkung Seni Sunda (Lises) UKM, Gentra Kahneman, Musik Pertanian X-pression (Max !!) UKM, dan Paduan Suara Mahasiswa IPB (PSM) ) Agriaswara. Selain itu, ada juga kegiatan lain yang berkaitan dengan seni dan budaya yang dapat diikuti mahasiswa di IPB University . Salah satunya adalah Gebyar Nusantara.

Olahraga

"Mens Sana di Corpore Sano", dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Tinggal di dunia perkuliahan yang padat tidak membuat mahasiswa IPB University lupa berolahraga. Selain ketersediaan berbagai fasilitas olahraga yang dikelola oleh Unit Olah Raga dan Seni, kegiatan olahraga di kalangan siswa juga hidup karena adanya beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bidang olahraga.

Komunitas Mahasiswa

Terlibat dalam organisasi kampus secara tidak langsung akan membangun semangat kepemimpinan dan profesionalisme di kalangan mahasiswa. Siswa dapat mengembangkan potensi kepemimpinan dan profesionalisme melalui berbagai organisasi kampus termasuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Asosiasi Mahasiswa (Himpro), dan Komunitas.

Studi Lapangan

Kehidupan kampus sangat erat kaitannya dengan praktik lapangan sesuai dengan bidang keilmuan yang sedang dikejar. Praktikum dimaksudkan sebagai sarana memperdalam materi sehingga siswa dapat lebih memahami praktik di kehidupan nyata setiap hari.

Asrama

IPB University mengharuskan mahasiswa tahun pertama untuk tinggal di asrama kampus. Peraturan ini dimotivasi oleh berbagai daerah asal mahasiswa IPB University . Dengan keragaman etnis dan budaya yang luas, IPB University dapat dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Keragaman budaya ini kemudian dikelola oleh IPB University melalui rekayasa sosial dalam bentuk kebijakan asrama wajib untuk mahasiswa baru.

Lokasi

Dramaga

Address
Kampus IPB Dramaga, Bogor
Dramaga, Jawa barat, Indonesia

Bogor

Address
IPB Campus Baranangsiang
Jl Padjajaran Bogor

Bogor, Jawa barat, Indonesia

Bogor

Address
Jl. Burangrang No.6, RT.03/RW.03, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128
Bogor, Jawa barat, Indonesia

Bogor

Address
School of Business IPB
Gedung SB-IPB Kampus IPB Gunung Gede, Jl. Raya Pajajaran, RT.03/RW.06

Bogor, Jawa barat, Indonesia

Bogor

Address
Gedung SB-IPB Kampus IPB Gunung Gede, Jl. Raya Pajajaran, RT.03/RW.06
Bogor, Jawa barat, Indonesia

Beasiswa Keystone

Temukan opsi di mana Anda bisa mendapatkan beasiswa kami